Training Service Excellence oleh Bank Negara Indonesia (BNI)
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Johannes Leimena Amboon mengadakan pelatihan “Service Excellence” pada hari Rabu – Jumat, 17-19 Maret 2021 bertempat di Ballroom lantai 4 RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon dengan BNI cabang Ambon.
Dalam pemberian materi, para peserta diberikan pengetahuan atau keterampilan dalam melayani pasien. Service excellent sendiri dinilai sangat penting karena bisa memberikan efek yang luar biasa pada pasien. Pada dasarnya, pasien tidak hanya ingin berobat namun juga ingin diperhatikan, di hormati dan disanjung. Jika semua lini di rumah sakit mampu memberikan service excellent di rumah sakit yang bagus, efeknya tidak hanya kepuasan pasien namun omset yang didapat juga akan meningkat.
Para peserta yang terdiri dari Dokter Spesialis, Perwakilan Dokter Umum, Perawat Lantai 4,5,6 dan 8 Perawat ICCU, Perawat ICU, Perawat VK, Perawat NICU, Perawat PICU, Perawat IBS, Tim Farmasi, Gizi, Laboratorium, Radiologi, Rehab Medik, Rekam Medik, Tim Security dan Resepsionis ini diberikan pemahaman mengenai Service Excellence di Rumah Sakit. Bahwa Service Excellence adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien agar mereka terpuaskan dan ingin menggunakan jasa bahkan akan tetap memakai jasa dari rumah sakit tersebut di kemudian hari
Training ini bertujuan antara lain, agar peserta memahami konsep service (pentingnya service) bagi kelangsungan bisnis rumah sakit, peserta mampu melihat service dari sudut pandang customer (pasien) dan memahami “9 Service Bites” yaitu: Access, Responsiveness, Competency, Courtesy, Reliability, Speed, Security, Tangible, Professional, membantu peserta memahami komunikasi yang efektif sehingga mampu menciptakan image yang baik dari rumah sakit di mata customer, melatih peserta untuk membedakan tipe pasien dan secara terampil menghadapi keluhan pasien, dan yang terakhir peserta mampu mendeliver service kepada pasien dengan tujuan memberikan pengalaman yang luar biasa yang akan berbuah pada loyalitas pasien.
kembali ke artikel